http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Tarif Batas Atas Pesawat Turun 16%, Bisnis Airnav Terganggu?

Options

JAKARTA - Pemerintah akan menurukan Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat sebesar 12% sampai 16% bagi pesawat kelas ekonomi jenis jet. Aturan mengenai penyesuaian ni rencanannya akan ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 15 Mei 2019 mendatang.

Direktur Utama Airnav Indonesia Novie Riyanto mengatakan, wacana penurunan TBA ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap bisnis perusahaan. Sebab menurutnya, Airnav hanya berfokus pada pelayanan pesawat udara.

BERITA TERKAIT +

"Jadi pertama kita ini pelayan ya, Airnav ini melayani pesawat udara," ujarnya di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Menurut Novie, pihaknya tidak pernah menerapkan tarif bisnis navigasi penerbangan kepada pihak maskapai. Sebab, tarif navigasi yang dikenakan kepada pihak maskapai sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kita menjalankan apa yang diperitahkan karena Airnav tidak pernah menetapkan tarif sendiri yang menetapkan tarif adalah Kementerian Perhubungan tentu saja bekerjasama dengan stakeholder yang lain," jelasnya.

Baca Juga: Pengusaha Travel Tak Yakin Harga Tiket Pesawat Turun 16%

Novie melanjutkan, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak maskapai untuk menerima masukan mengenai tarif navigasi penerbangan. Artinya, tarif navigasi ini sama sekali tidak mencari profit atau keuntungan di dalamnya.

"Bekerjasama dengan INACA dan bekerjasama dengan IATA. Jadi tarif kami bersifat cost recovery ya jadi tidak beroriantasi kepada profit," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Novie, kontribusi tarif navigasi pesawat kepada tiket maskapai sangat rendah sekali. Berdasarkan perkiraannya, kontribusi navigasi hanya sekitar 1 sampai 1,5% saja.

"Sedangkan kontribusi jika kita ngomong tarif dan sebagainya kita sangat kecil ya itu sekitar 1,5% sampai 1%, jadi tidak berpengaruh sama sekali," jelasnya.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI


Sumber: okezone.com
loading...