http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Teknologi Mobil Cegah Kecelakaan Akibat Aquaplaning

Options

STUTTGART - Memasuki musim hujan, banyak jalan tergenang air hujan. Fatalnya tak banyak pengemudi yang memahami risiko ban berjalan diatas genangan air atau biasa disebut aquaplaning.

Sebelumnya tersebar video viral Toyota Fortuner berwarna putih terbalik di jalan tol akibat ngebut dengan kecepatan tinggi ditengah genangan air yang cukup besar hingga membuat pengemudi tidak mampu mengendalikan mobil.

BERITA TERKAIT +

Ditengah bayang risiko aquaplaning, produsen Porsche berhasil mengembangkan teknologi yang dinamai wed mode. Teknologi ini Porsche Wet mode dapat secara otomatis mendeteksi jalan basah dan memperingatkan pengemudi tentang risiko aquaplaning. Untuk tujuan ini, sensor akustik di rumah roda depan mendeteksi air.

Ini membuatnya berbeda secara mendasar dari sensor hujan penghapus kaca depan mobil, yang hanya bereaksi secara optik terhadap tetesan air pada kaca depan mobil secara terpisah dari kondisi jalan.

 

Jika sistem mendeteksi permukaan jalan yang basah, perilaku respons sistem Manajemen Stabilitas Porsche (PSM) dan Manajemen Traksi Porsche (PTM) Porsche akan dikondisikan sebelumnya. Kedua sistem kemudian melakukan intervensi lebih awal dan lebih sensitif dari sebelumnya. Selain itu, sebuah peringatan ditampilkan pada tampilan di sebelah kanan di sebelah penghitung putaran.

Ini memberi tahu pengemudi tentang basah yang terdeteksi dan merekomendasikan agar pengemudi beralih secara manual ke Mode Basah. Fungsi yang sesuai dapat diaktifkan di bilah tombol baru di atas konsol tengah, atau diintegrasikan dalam mode switch pada roda kemudi dengan Paket Sport Chrono.

Pada mode mengemudi Basah diaktifkan, PSM, PTM, aerodinamis adaptif, opsional Porsche Torque Vectoring (PTV) Plus dan responsif drive semua disesuaikan untuk menjamin stabilitas mengemudi maksimum.

 

Dari 90 km per jam, spoiler belakang variabel diperluas ke posisi kinerja, flap udara pendingin terbuka, karakteristik pedal akselerator lebih rata, dan fungsi PSM Off atau mode Sport tidak lagi dapat diaktifkan. Penyaluran torsi mesin lebih halus, dan strategi perpindahan transmisi PDK delapan kecepatan yang baru secara otomatis disesuaikan.

Porsche menyematkan teknologi ini pada model 911 generasi kedelapan yang akan membuat pengemudi tetap nyaman dan aman mengendalikan sportcarnya meski ditengah jalan basah.

(muf)



Sumber: okezone.com
loading...