http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Terkait Bom Sri Lanka, Polisi Tangkap Seorang Warga Suriah

Options

SRI LANKA – Polisi Sri Lanka menahan seorang warga Suriah di antara 40 orang yang ditanyai tentang serangan Minggu Paskah terhadap gereja dan hotel.

“Dia ditangkap setelah interogasi terhadap tersangka setempat,” kata salah satu sumber seperti dilansir Reuters, Selasa (23/4/2019).

Hingga kini, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan keji tersebut. Menurut pejabat setempat, setidaknya ada tujuh pelaku bom bunuh diri di tiga gereja dan empat hotel.

(BACA: Pelaku Bom Bunuh Diri di Sri Lanka Bukan WNI)

Namun, fokus kecurigaan jatuh pada militan Islam yang memiliki hubungan dengan kelompok asing. Sumber-sumber intelijen AS mengatakan, serangan itu memiliki beberapa keunggulan dari kelompok ekstremis Negara Islam.

Enam serangan pertama pada tiga gereja dan tiga hotel mewah terjadi dalam waktu 20 menit pada hari Minggu pagi selama kebaktian Paskah dan saat hotel menyajikan sarapan.

Dua ledakan lagi terjadi di sebuah hotel dan sebuah rumah di pinggiran ibukota, Kolombo pada sore harinya.

(BACA: Serangan di Sri Lanka Jaringan Internasional Diduga Terlibat)

Sebagian besar yang tewas dan terluka adalah orang Sri Lanka, meskipun pejabat pemerintah mengatakan ada 38 warga asing terbunuh dalam ledakan tersebut, termasuk warga negara Inggris, AS, Australia, Turki, India, Cina, Denmark, Belanda dan Portugis.

Pasca kejadian, pemerintah memberlakukan undang-undang darurat pada tengah malam pada hari Senin, memberikan polisi kekuasaan yang luas untuk menahan dan menginterogasi tersangka tanpa perintah pengadilan.

Sejauh ini jumlah korban tewas meningkat menjadi 321 orang. (mb)



Sumber: Poskotanews.com
loading...