http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Termahal! Juara Tinju Dunia Canelo Alvarez Dikontrak Rp 5 T

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan streaming DAZN telah menyetujui kontrak lima tahun, 11 laga yang akan membayar juara dunia kelas menengah World Boxing Association (WBA) dan WBC (World Boxing Council) Canelo Alvarez minimal US$365 juta (Rp 5,5 triliun).

Kemitraan ini digambarkan sebagai kontrak atlet dengan bayaran tertinggi dalam sejarah.


"Saya tersanjung karena dipilih untuk memimpin visi baru ini dalam olahraga tinju, yang tanpa ragu akan bermanfaat bagi para penggemar," kata Alvarez, Rabu (24/10/2018), dikutip dari CNBC International.


DAZN menjadi rumah siaran tinju di Amerika Serikat (AS) setelah HBO mengumumkan pada September bahwa mereka keluar dari bisnis olahraga tarung itu.

DAZN dimiliki oleh Perform Group yang berbasis di Inggris. Mereka memiliki siaran di Austria, Jerman, Jepang, dan Swiss pada Agustus 2016 dan pindah ke pasar AS tahun ini, menjadikan tinju sebagai salah satu olahraga premiumnya.

Hingga saat ini, pertarungan malam terbesarnya adalah pertemuan kelas berat dunia pada bulan lalu antara Anthony Joshua dan Alexander Povetkin. Dengan seluruh tiket acara ditawarkan hanya US$9,99, biaya yang kecil dari nilai rata-rata pertarungan dengan cara pay-per-view di AS.

Termahal! Juara Tinju Dunia Canelo Alvarez Dikontrak Rp 5 TFoto: Infografis/Mobil Mewah Flyod/Edward Ricardo
"Dengan membawa pertarungan Canelo ke DAZN, kami akan mengubah bayarannya menjadi mesin pertumbuhan untuk pelanggan. Momen yang benar-benar transformasional untuk bisnis kami dan untuk seluruh industri," kata John Skipper, ketua eksekutif DAZN pada pengumuman hari Rabu.

Petinju asal Meksiko tersebut memiliki 50 kemenangan dalam catatannya dengan hanya satu kekalahan. Ia kalah pada 2013 dalam keputusan mayoritas yang kontroversial terhadap Floyd Mayweather.

Kemenangan terakhirnya adalah pertarungan penyatuan kelas menengah yang banyak dipublikasikan melawan petarung tak terkalahkan sebelumnya Gennady Golovkin. Pertarungan itu dilaporkan membuat HBO meraup US$121 juta, dengan Canelo sendiri membawa pulang US$5 juta.

Sekarang, kemitraan baru ini akan mengangkatnya ke puncak daftar atlet dengan bayaran tertinggi, dalam hal biaya tahunan untuk durasi kontrak. Nilai Canelo melampaui hasil 13 tahun sebesar US$325 juta yang dibayarkan Miami Marlins kepada Giancarlo Stanton pada tahun 2015.

Namun, ketika gaji dirincikan ke dalam jumlah tahunan, bintang sepak bola Paris Saint-Germain Neymar masih menghasilkan lebih banyak dengan perkiraan penghasilan US$42,3 juta setahun.

Kemitraan tinju DAZN dengan Alvarez akan dimulai akhir tahun ini dengan kepindahannya ke kelas menengah super untuk menantang petarung Inggris dan taipan dunia sekunder Rocky Fielding pada 15 Desember di Madison Square Garden, New York.

(prm)

Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...