http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Tertarik Pasang Penghemat Bahan Bakar, Baca Dulu yang Satu Ini

Options

VIVA –Banyak cara yang bisa dilakukan, untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor. Mulai dari menerapkan cara berkendara yang efisien, hingga memilih mobil atau sepeda motor dengan kapasitas mesin kecil.

Selain itu, di toko aksesori kendaraan juga tersedia alat yang didesain khusus, untuk menghemat bensin atau diesel yang dibakar oleh mesin. Alat tersebut umumnya dipasang di saluran bahan bakar, dan mengandung medan magnet.

Dilansir dari Astraworld, Selasa 14 Mei 2019, pemasangannya ada dua cara. Pertama, alat dilingkarkan di pipa saluran bahan bakar. Cara kedua, yakni dengan cara memutus saluran bahan bakar, lalu mengalihkannya ke alat tersebut.

Cara pertama relatif lebih aman, karena tidak mengubah pipa atau selang bahan bakar standar pabrik. Sementara, cara kedua memiliki risiko lebih besar. Saat menyambung saluran bahan bakar, perlu memperhatikan kualitas selang dan cara pemasangannya, karena bisa saja terjadi kebocoran.

Selain alat, penghemat BBM juga tersedia dalam wujud cairan atau padat. Penerapannya cukup mudah, yakni tuangkan langsung ke tangki bahan bakar.

Lihat Juga

Perlu diketahui, umumnya reaksi kimia antara zat tersebut dengan BBM menghasilkan unsur logam, yang berefek kurang baik pada saluran bahan bakar dan ruang bakar.

Unsur logam itu bisa membuat terjadinya penyumbatan pada injektor. Oleh karena itu, jika akan menggunakan aditif bahan bakar, sebaiknya pilih yang tidak menghasilkan unsur logam.



Sumber: Viva.co.id
loading...